Saturday, August 11, 2012

Perjalanan Mencari Kuliah

Saya mau bercerita seputar perjalanan saya selama mencari kuliah. simak ya!!!!
Dimulai saat gue iseng-iseng mendafar di Stisi Telkom, percaya gag percaya gue di terima di jurusan design komunikasi visual. Pas itu mikirnya udah ini buat cadangan kalo misal gag keterima di negeri.
Kedua nyoba daftar kedinasan di STSN cerita stsn ini ada di artikel sebelum nya haha klik, sebenernya gue sama sekali gag tertarik buat ambil kedinasan walaupun sekolah gratis dan lulus dari kuliah terjamin tapi berhubung di suruh mamak nyoba, yaudah ikutan aja. ya ampun udah jauh juha registrasi ke bogor terus tesnya di ragunan masyaalah ternyata saya gagal sodara sodara -___-
Masih semester ini juga, kan waktu itu pada gempar-gempar nya SNMPTN jalur Undangan, nah bolak balik pas di ranking sekolah gue masuk terus tuh. Yah gue mah pede-pede aja pasti bisa ikutan jalur undangan. Ehhh ternyata pas di database sama pusat gue gag bisa ikutan. sumpah sedih banget cuma gara-gara semeter 3 gue ancur jadi gag bisa, padahal gue udah ngarep banget tuh dan yang lebih bikin gelo lagi kan yang ikutan waktu itu cuma ampe rangking 60, nah gue pas noh di bawahnya rangking 61. Rasanya masa depan gue langsung suram :( *reader: lebe lu ah* wkwk yah emang salah gue sendiri sih gag belajar jadinya nilai ancur. Makanya buat readers yang baru naik kelas XI belajar yang bener biar gag nyesel kyk gue T^T
Setelah gagal ikutan jalur undangan, tak larut berlama-lama dalam kesedihan wkk~ saya langsung mendaftar untuk SNMPTN tulis dan mengikuti bimbingan belajar. Saat itu saya masih belum sadar juga kalo saya harus rajin belajar biar bisa lolos ._. Yah dengan santainya jarang masuk bimbingan, belajar sendiri gag pernah. Sampai saatnya Tes SNMPTN berlangsung, kebetulan saya tes di salah satu Universitas swasta Surabaya "ITATS" lupa dah ruang berapa -_- tesnya 2 hari, hari pertama TPA sama Pengetahuan Dasar, hari kedua IPA. Pada penasaran gag saya ambil apaan di SNMPTN tulis? pilihan pertama Despro ITS , kedua Ilmu dan Teknologi Pangan, yang tau ini cuma yang baca artikel saya loh :D Kenapa? waktu itu saya gag pengen ada yang tau saya ambil apaan takutnya nanti gag keterima dan sebagainya, nah tiap ada yang nanya "An, ambil apa snmptnnya?" gue pasti jawab "Rahasia" sampe guru gue yang tanya juga gue jawab "RAHASIA" wkwk dodol banget kan.

6 Juli 2012 Pengumuman hasil SNMPTN Tulis. Udah langsung aja buka web nya snmptn, sumpah deg degan keringat dingin, bibir gue terus aja komat-kamit baca Al-fatihah. Bolak balik buka server not found  server not found  server not found bayangin aja yang buka se indonesia raya, tapi setelah berjuang berberapa menit akhirnya terbuka, masyaallah gue gagal :(( abis liat pengumuman itu langsung dah rasanya dunia milik kita berdua *loh* bukan maksud ane seakan-akan dunia runtuh berasa Allah gag adil *astafirulloh* yang gue rasain gag cuma kecewa, putus asa tapi juga malu, malu ketemu temen-temen guru dan yang lainnya tiap mereka tanya "gimana an snmptn tulisnya keterima dimana? loh kog bisa gag keterima? kamu ambil apa lho?" berasa miris tiap kali mau jawab T^T
Perjuanganku gag sampe disitu. Aku mulai ikut pendaftaran Jalur Mandiri Unair sama UB. Rencana kalo gag keterima Unair langsung ikutan SPMK nya UB. Yah, seperti yang di rencanakan saya GAGAL di Universitas Airlangga Jalur Mandiri padahal uadah di bela-belain Verifikasi ke Surabaya sendiri naik Bis terus pas tes di Kampus B UNAIR kecepit Lift wkkwk mengenaskan banget yak, eh tapi yang gue heran kenapa gue sampe bisa kecepit lift? bukannya lift ada sensornya gitu yak? seumur-umur baru kali ini gue kecepit ckkck -_-.
Lanjut cerita SPMK UB, Tes dilaksanakan hari Kamis 19 Juli 2012 jam 09.00-12.00 di Lantai II - Gedung A PWK & Pengairan FT UB Ruang 66, Pilihan pertama Aku ambil pangan sama pas SNMPTN Tulis, karna harus ambil jurusan di fakultas yang sama jadi pilihan kedua Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan, pilihan ketiga dan ke empat D3. Waktu itu gue mikirnya "Udah capek gue tes sana-sini dan gagal terus, pokonya ini kesempatan terakhir kalo masih gagal juga, gue kuliah taun depan :("
Tanggal 25 Juli 2012 Pengumuman SPMK UB pas gue buka website nya spmk dan masukin nomor ujian, Clinkkkkk.........

Yap gue LOLOS SPMK UB :D Subhanallah setelah sekian lama berjuang akhirnya berhasil.
Nah, Kenapa gue ngepost cerita ini? karna gue pengen cerita ini nantinya bisa jadi penyemangat adek adek yang bakalan mencari kuliah seperti saya, gagal pertama kedua itu hal yang biasa kog dan yakin bahwa Allah punya rencana yang indah di balik itu, tentunya harus di barengi usaha ya :)) *wkk kenapa jadi sok bijak*
Oh iya sekalian mau bagi-bagi contoh Soal Mandiri UB IPA dari tahun 2008-2012. Semoga Bermanfaat!!!

SPMK 2011
SPMK 2012

5 comments:

  1. kak kok yang spmk 2011-2012 ga ada linknya sih ? hehe

    ReplyDelete
  2. wah aku juga pengen di ftp tek pangan ub kak. minta kiat2 nya donk biar bisa keterima disana :)

    ReplyDelete
  3. Kak aku mau tanya2 blh ngga? Tp ngga disini. Email mungkin? Plis bls ya kak

    ReplyDelete
  4. hasil ujiannya kira2 keluar jam berapa ya kak??

    ReplyDelete
  5. Bobot soal ujian mandiri unair sama ub lbh susah mana kak?

    ReplyDelete